Jumat, 10 April 2009

macam-macam narkoba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan Obat/bahan berbahaya. Selain “narkoba”, istilah lain yang di perkenalkan khususnya Departemen kesehatan Republik Indonesia adalah “Napza” yang merupakan singkatan dari Narkotika,Psikotropika dan zat adiktif. Narkoba mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai resiko kecanduan bagi pengguna dan pemakainya.

Ada beberapa efek-efek dari Narkoba yaitu:
1. Halusinigen, efek dari narkoba bisa mengakibatkan seseorang menjadi berhasulinasi dengan melihat sesuatu hal / benda yang sebenarnya tidak ada / tidak nyata.
2. Stimulan, bisa mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak bekerja lebih cepatdari kerja biasanya sehingga mengakibatkan seseorang lebihbertenaga untuk sementara waktu. Dan cenderung membuat seorang pengguna lebih senang dan gembira untuk sementara waktu.
3. Adiktif seseorang yang udah mengkonsumsi narkoba biasanya akan ingin dan lagi karena zat tertentu dalam narkoba mengakibatkan seseorang cenderung bersifat pasif.


GANJA

Ganja mengandung sejenis bahan kimia yang disebut Delta-9-tetrahydrocannabinol (THC) yang bisa mempengaruhi suasana hati dan mempengaruhu cara orang tersebut melihat dan mendengar hal-hal di sekitarnya.

Efek dari pemakaian ganja:

Pemakai ganja akan mudah kehilangan konsentrasi, denyut nadi cenderung meningkat, keseimbangan dan kondisi tubuh menjadi buruk, ketakutan, mudah panik, depresi kebingungan dan berhalusinasi.

KOKAINA

Kokaina adalah zat yang adiktif sangat berbahayadan sering di salahgunakan .kokaina merupakan alkaloid yang didapatkan dari tanaman belukar Erythroxylon coca. Kokaina sering juga disebut Snow, Coke, Girl, Lady dan Crack (kokaina dalam bentuk paling murni dan bebas biasa untuk mendapatkan efek yang lebih kuat).

Efek yang di timbulkan:
Pemakai kokain (sabu-sabu) ini menjadi bersemangat, gelisah, tidak bisa diam, tidak nafsu makan, paranoid, liver terganggu, system syaraf terganggu, rusaknya otot jantung dan dapat mematikan bagi si pengguna dan sering impoten.

NARKOTIKA

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang menyebabkan pengaruh bagi penggunanya. Pengaruh tersebut berupa pembiusan, hilangnya rasa sakit, rangsangan semangat, halusinasi atau timbulnya khayalan-khayalan yang menyebabakan efek ketergantungan bagi pemakai.

SABU-SABU
Narkoba jenis psikotropika ini berbenuk kristal seperti gula, tidak berwarna dan berbau. Dalam bahasa medis lebih di kenal dengan nama Methamphetamine.

Efek yang ditimbulkan:

Menjadi bersemangat, gelisah dan tidak bisa diam, tidak bisa tidur, tidak bisa makna, dalam jangka panjang dapat mengakibatkan fungsi otak terganggu bahkan bisa berakhir dengan kegilaan, paranoid dan gangguan hati (liver).
EKSTASI (XTC)

Ekstasi adalah salah satu obat bius yang di buat secara illegal di sebuah laboraturium dalam bentuk tablet atau kapsul.
Efek yang ditimbulkan:

Diare, rasa haus berlebihan, hiperaktif, sakit kepala dan pusing, menggigil yang tidak terkontrol, detak jantung yang cepat dan sering mual di sertai muntah-muntah atau hilangnya nafsu makan, gelisah dan tidak bisa diam, pucat dan keringat, dehidrasi, mood berubah, akibat jangka panjangnya adalah kecanduan, syaraf otak terganggu, gangguan liver, tulang dan gigi keropos, dan akhirnya menybabkan kematian.

1 komentar: